Rabu, 23 Januari 2019

Melihat Perkembangan Internet Marketing di Indonesia

  Millennial Indonesia – Internet merupakan salah satu hal yang istilahnya mungkin telah naik tahta menjadi kebutuhan premier bagi setiap orang. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kebutuhan kita yang selalu membutuhkan internet untuk dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan itu. Ditambah lagi, jika kita tidak memiliki internet, kita merasa seperti tidak menjadi bagian dari dunia digital ini. Mungkin hal ini lah yang menjadi dasar bagi para marketer (sebutan untuk pelaku marketing) untuk memanfaatkan internet itu sebagai salah satu media mereka untuk menjual produk mereka maupun produk kolega mereka. Dari sanalah mulai berkembang dan menjamurnya teknik internet marketing ini hingga sekarang.

Well, melihat history maupun perkembangan dari suatu hal akan menjadi suatu hal yang terlihat menarik. Untuk itulah, kali ini saya ingin mengangkat artikel tentang perkembangan internet marketing hingga sekarang. Namun, untuk membuatnya sedikit lebih detail, mari kita spesifikkan pembahasaan hanya ke pada perkembangan internet marketing yang ada di Indonesia. Untuk itu, mari kita bahas satu per satu. Keep reading folks... ~

Three Reasons Why

Sebelum membahas tentang perkembangan internet marketing, mungkin ada sedikit pertanyaan yang keluar di dalam pikiran Anda, dan mungkin salah satunya adalah “mengapa kita harus menggunakan internet marketing?” Untuk itu, disini saya akan sedikit membahas tentang beberapa alasan, mengapa kita harus menggunakan internet marketing sebagai media untuk memasarkan produk.

1.      Now, Internet is Life.

Seperti yang saya sebutkan di atas, hampir seluruh kebutuhan kita dapat dipermudah dengan produk-produk yang memerlukan internet. Itulah mengapa, beberapa orang mungkin akan berkata bahwa internet adalah hidup. Seperti banyak terlihat di berbagai media online yang seperti membuat lelucon, dimana ada dua ketakutan manusia zaman sekarang, yaitu No Signal, dan Battery Low. Dari sana, kita dapat melihat bahwa pentingnya internet zaman sekarang ini sangat tinggi. Untuk berbagai pekerjaan yang kita lakukan, kita dapat menggunakan internet. Bahkan belajar berbagai hal yang baru dapat kita lakukan di internet. Jika kita merasa kurang mendapat materi dari guru, kita dapat mencari materi-materi tambahan di internet. Bahkan ada media forum untuk bertanya seputar pr yang di berikan guru di internet.

Untuk itu, kata “internet is life” dapat menjadi salah satu alasan mengapa internet marketing menjadi hal yang sangat bagus untuk dilakukan.

2.      Reach Every Single Person on All Over The World

 Seperti yang sebelumnya saya tuliskan, zaman sekarang ini internet sudah menjadi sesuatu yang menjadi benar-benar penting. Nah, masih berhubungan dengan itu, dengan internet juga kita dapat menggapai semua orang yang terkoneksi dengan internet dimanapun ia berada. Jadi, kita tidak perlu benar-benar pergi travel ke berbagai negara untuk mempromosikan produk kita. Istilahnya, hanya memposting untuk mempromosikan produk di satu halaman, hampir semua orang yang terkoneksi dengan internet dapat melihat produk itu. Hal ini lah yang membantu seorang marketer untuk memasarkan produknya. Kemudahan ini lah yang membuat banyak marketer yang berubah haluan dari marketing konvensional menjadi internet marketing yang terbilang jauh lebih efisien dalam memasarkan produk.

3.      Users Always Increase Years after Years

Menurut berbagai survei yang ada di internet, Anda dapat menemukan dengan mudah bahwa pengguna internet selalu bertambah setiap tahunnya. Dan dari penambahan pengguna ini dapat dilihat bahwa kemungkinan konsumen yang dapat dicapai dapat menjadi jauh lebih tinggi. Dengan beratus-ratus juta pengguna dan bertambah setiap tahunnya ini, kita dapat meraih konsumen yang tepat untuk produk yang kita kembangkan dan pasarkan di internet. Sekali lagi, efisiensi yang tinggi.

Internet on Indonesia: How Great is it?

 Setelah sedikit membahas tentang Three Reasons Why internet marketing menjadi sesuatu yang benar-benar layak untuk diperhitungkan, mari kita melihat sedikit perkembangan internet marketing yang ada di Indonesia. Mengapa harus Indonesia? Sederhana, kita (khususnya saya sebagai penulis) tingga di Indonesia. Menarik untuk melihat suatu perkembangan dari hal yang dekat dengan kita. Alasan kedua, Indonesia termasuk negara yang besar dengan pengguna internet yang bahkan masuk ke dalam 10 besar pengguna terbesar, berapa tepatnya? Baca di bawah.

Ngomong-ngomong, internet marketing yang ada di Indonesia dapat dikatakan mulai masuk setelah internet mulai biasa ada di Indonesia. Saat pengguna mulai berpikir, bagaimana mereka mengubah teknologi internet ini menjadi uang. Ditambah lagi dengan berbagai sosial media dan berbagai media-media online yang dapat digunakan untuk belajar tentang menghasilkan uang di internet. Dari sinilah internet marketing dapat dikatakan mulai berkembang. Mulai ada perusahaan yang berjualan online, ataupun hanya sebatas mepromosikan produk mereka di internet.

Setelah mulai benar-benar berkembang, seorang awampun mulai dapat menghasilkan uang dari internet. Mulai dari iklan, berjualan online (yang sebelumnya ‘hanya’ dilakukan oleh perusahaan besar), hingga bekerjasama dengan perusahaan/pengusaha lain untuk mempromosikan produk mereka. Dari sini, mungkin dapat mulai terlihat tren untuk internet marketing mulai bercahaya terang.
Selain itu, menurut analisis dari Webhostmu.com, tahun 2013 merupakan kebangkitan untuk internet marketing dan bisnis online yang ada di Indonesia. Indonesia dikatakan sudah mulai dapat memanfaatkan internet sebagai media penghasil uang. Dengan mindset yang terbilang telah menjadi modern dan fakta bahwa dunia telah berubah seolah mendorong pengguna internet di dunia untuk menggandeng internet untuk perkembangan bisnis mereka. Selain itu dengan pengguna internet yang ada di Indonesia yang terbilang luar biasa besar, Indonesia dapat menjadi salah satu pasar internet yang benar-benar menggiurkan.

Ngomong-ngomong, berapa banyak pengguna internet di Indonesia? Menurut Kominfo, pada tahun 2014, pengguna internet yang ada di Indonesia mencapai 83.7 juta orang. Angka ini membawa Indonesia menjadi pengguna internet terbesar keenam setelah Jepang. Angka yang benar-benar dapat menjadi konsumen berpotensi untuk memasarkan pengguna. Namun, itu adalah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014, yang adalah waktu sekitar 3 tahun yang lalu. Bagaimana dengan data yang terbilang lebih update?
Internet World Stats, merupakan salah satu badan statistik internasional yang menyurvei pengguna internet yang ada di dunia. Dari hasil survei mereka, terlihat bahwa Asia merupakan benua dengan pengguna internet terbesar di dunia. Menurut data per 30 Juni 2017, pengguna internet Asia mencapai hampir 2 miliar pengguna yang artinya merupakan sekitar 49.9% pengguna internet di seluruh dunia. Dari sana, Indonesia merupakan salah satu ‘penyuplai’ angka terbesar. Menurut Internet World Stats, Indonesia merupakan negara kelima terbesar dengan angka pengguna hingga 132 juta pengguna mengalahkan jepang yang ‘hanya’ memiliki 118 juta pengguna. Benar-benar angka yang menakjubkan dan menggiurkan untuk dijadikan target penjualan.

Sebuah perkembangan internet yang luar biasa di Indonesia. Oh ya, just for your information menurut data dari Internet World Stats, perkembangan pengguna sejak tahun 2000 hingga 2017 mencapai 6353% jauh meninggalkan Tiongkok yang merupakan negara dengan pengguna internet terbesar yang hanya memiliki perkembangan pengguna sebesar 3182.4%, dan Jepang yang hanya mencapai perkembangan pengguna hingga 151.6%.

Oh ya, menurut data dari We Are Social dan Hootsuite 2017, pengguna internet di Indonesia bahkan berkembang sebesar 51% hanya dalam kurun satu tahun, dan jauh meninggalkan negara tetangga dan bahkan perkembangan rata-rata dunia yang hanya berada pada kisaran 10% saja. Tingginya pertumbuhan pengguna internet tersebut merupakan potensi yang baik untuk kemajuan ekonomi digital Indonesia. Pertumbuhan pengguna internet juga berimbas pada peningkatan bisnis e-commerce dan bisnis online lainnya. Hal ini tentunya dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja yang dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar