Millennial Indonesia – Internet merupakan salah satu hal yang
istilahnya mungkin telah naik tahta menjadi kebutuhan premier bagi setiap
orang. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kebutuhan kita yang selalu
membutuhkan internet untuk dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan itu.
Ditambah lagi, jika kita tidak memiliki internet, kita merasa seperti tidak
menjadi bagian dari dunia digital ini. Mungkin hal ini lah yang menjadi dasar
bagi para marketer (sebutan untuk
pelaku marketing) untuk memanfaatkan internet itu sebagai salah satu media
mereka untuk menjual produk mereka maupun produk kolega mereka. Dari sanalah
mulai berkembang dan menjamurnya teknik internet marketing ini hingga sekarang.
Well, melihat
history maupun perkembangan dari suatu hal akan menjadi suatu hal yang terlihat
menarik. Untuk itulah, kali ini saya ingin mengangkat artikel tentang
perkembangan internet marketing hingga sekarang. Namun, untuk membuatnya
sedikit lebih detail, mari kita spesifikkan pembahasaan hanya ke pada
perkembangan internet marketing yang ada di Indonesia. Untuk itu, mari kita
bahas satu per satu. Keep reading folks... ~
Three Reasons Why
Sebelum membahas
tentang perkembangan internet marketing, mungkin ada sedikit pertanyaan yang
keluar di dalam pikiran Anda, dan mungkin salah satunya adalah “mengapa kita
harus menggunakan internet marketing?” Untuk itu, disini saya akan sedikit
membahas tentang beberapa alasan, mengapa kita harus menggunakan internet
marketing sebagai media untuk memasarkan produk.
1. Now, Internet is Life.
Seperti yang saya
sebutkan di atas, hampir seluruh kebutuhan kita dapat dipermudah dengan produk-produk
yang memerlukan internet. Itulah mengapa, beberapa orang mungkin akan berkata
bahwa internet adalah hidup. Seperti banyak terlihat di berbagai media online
yang seperti membuat lelucon, dimana ada dua ketakutan manusia zaman sekarang,
yaitu No Signal, dan Battery Low. Dari sana, kita dapat
melihat bahwa pentingnya internet zaman sekarang ini sangat tinggi. Untuk
berbagai pekerjaan yang kita lakukan, kita dapat menggunakan internet. Bahkan
belajar berbagai hal yang baru dapat kita lakukan di internet. Jika kita merasa
kurang mendapat materi dari guru, kita dapat mencari materi-materi tambahan di
internet. Bahkan ada media forum untuk bertanya seputar pr yang di berikan guru
di internet.
Untuk itu, kata “internet is life” dapat menjadi salah satu alasan mengapa internet marketing menjadi hal yang sangat bagus untuk dilakukan.
2. Reach Every Single Person on All Over The World
Seperti yang
sebelumnya saya tuliskan, zaman sekarang ini internet sudah menjadi sesuatu
yang menjadi benar-benar penting. Nah, masih berhubungan dengan itu, dengan
internet juga kita dapat menggapai semua orang yang terkoneksi dengan internet
dimanapun ia berada. Jadi, kita tidak perlu benar-benar pergi travel ke
berbagai negara untuk mempromosikan produk kita. Istilahnya, hanya memposting
untuk mempromosikan produk di satu halaman, hampir semua orang yang terkoneksi
dengan internet dapat melihat produk itu. Hal ini lah yang membantu seorang
marketer untuk memasarkan produknya. Kemudahan ini lah yang membuat banyak marketer yang berubah haluan dari
marketing konvensional menjadi internet marketing yang terbilang jauh lebih
efisien dalam memasarkan produk.
3. Users Always Increase Years after Years
Menurut berbagai
survei yang ada di internet, Anda dapat menemukan dengan mudah bahwa pengguna
internet selalu bertambah setiap tahunnya. Dan dari penambahan pengguna ini
dapat dilihat bahwa kemungkinan konsumen yang dapat dicapai dapat menjadi jauh
lebih tinggi. Dengan beratus-ratus juta pengguna dan bertambah setiap tahunnya
ini, kita dapat meraih konsumen yang tepat untuk produk yang kita kembangkan
dan pasarkan di internet. Sekali lagi, efisiensi yang tinggi.
Internet on Indonesia: How Great is it?
Setelah sedikit
membahas tentang Three Reasons Why internet
marketing menjadi sesuatu yang benar-benar layak untuk diperhitungkan, mari
kita melihat sedikit perkembangan internet marketing yang ada di Indonesia.
Mengapa harus Indonesia? Sederhana, kita (khususnya saya sebagai penulis)
tingga di Indonesia. Menarik untuk melihat suatu perkembangan dari hal yang
dekat dengan kita. Alasan kedua, Indonesia termasuk negara yang besar dengan
pengguna internet yang bahkan masuk ke dalam 10 besar pengguna terbesar, berapa
tepatnya? Baca di bawah.
Ngomong-ngomong,
internet marketing yang ada di Indonesia dapat dikatakan mulai masuk setelah
internet mulai biasa ada di Indonesia. Saat pengguna mulai berpikir, bagaimana
mereka mengubah teknologi internet ini menjadi uang. Ditambah lagi dengan
berbagai sosial media dan berbagai media-media online yang dapat digunakan
untuk belajar tentang menghasilkan uang di internet. Dari sinilah internet
marketing dapat dikatakan mulai berkembang. Mulai ada perusahaan yang berjualan
online, ataupun hanya sebatas mepromosikan produk mereka di internet.
Setelah mulai
benar-benar berkembang, seorang awampun mulai dapat menghasilkan uang dari
internet. Mulai dari iklan, berjualan online (yang sebelumnya ‘hanya’ dilakukan
oleh perusahaan besar), hingga bekerjasama dengan perusahaan/pengusaha lain
untuk mempromosikan produk mereka. Dari sini, mungkin dapat mulai terlihat tren
untuk internet marketing mulai bercahaya terang.
Selain itu,
menurut analisis dari Webhostmu.com, tahun 2013 merupakan kebangkitan untuk
internet marketing dan bisnis online yang ada di Indonesia. Indonesia dikatakan
sudah mulai dapat memanfaatkan internet sebagai media penghasil uang. Dengan
mindset yang terbilang telah menjadi modern dan fakta bahwa dunia telah berubah
seolah mendorong pengguna internet di dunia untuk menggandeng internet untuk
perkembangan bisnis mereka. Selain itu dengan pengguna internet yang ada di
Indonesia yang terbilang luar biasa besar, Indonesia dapat menjadi salah satu
pasar internet yang benar-benar menggiurkan.
Ngomong-ngomong,
berapa banyak pengguna internet di Indonesia? Menurut Kominfo, pada tahun 2014,
pengguna internet yang ada di Indonesia mencapai 83.7 juta orang. Angka ini membawa Indonesia menjadi pengguna
internet terbesar keenam setelah Jepang. Angka yang benar-benar dapat menjadi
konsumen berpotensi untuk memasarkan pengguna. Namun, itu adalah pengguna
internet di Indonesia pada tahun 2014, yang adalah waktu sekitar 3 tahun yang
lalu. Bagaimana dengan data yang terbilang lebih update?
Internet World
Stats, merupakan salah satu badan statistik internasional yang menyurvei
pengguna internet yang ada di dunia. Dari hasil survei mereka, terlihat bahwa
Asia merupakan benua dengan pengguna internet terbesar di dunia. Menurut data
per 30 Juni 2017, pengguna internet Asia mencapai hampir 2 miliar pengguna yang
artinya merupakan sekitar 49.9% pengguna internet di seluruh dunia. Dari sana,
Indonesia merupakan salah satu ‘penyuplai’ angka terbesar. Menurut Internet
World Stats, Indonesia merupakan negara kelima
terbesar dengan angka pengguna hingga 132 juta pengguna mengalahkan jepang yang
‘hanya’ memiliki 118 juta pengguna. Benar-benar angka yang menakjubkan dan
menggiurkan untuk dijadikan target penjualan.
Sebuah
perkembangan internet yang luar biasa di Indonesia. Oh ya, just for your information menurut data dari Internet World Stats,
perkembangan pengguna sejak tahun 2000 hingga 2017 mencapai 6353% jauh meninggalkan Tiongkok yang
merupakan negara dengan pengguna internet terbesar yang hanya memiliki
perkembangan pengguna sebesar 3182.4%, dan
Jepang yang hanya mencapai perkembangan pengguna hingga 151.6%.
Oh ya, menurut
data dari We Are Social dan Hootsuite 2017, pengguna internet di Indonesia bahkan berkembang
sebesar 51% hanya dalam kurun satu tahun, dan jauh meninggalkan
negara tetangga dan bahkan perkembangan rata-rata dunia yang hanya berada pada
kisaran 10% saja. Tingginya pertumbuhan pengguna internet tersebut
merupakan potensi yang baik untuk kemajuan ekonomi digital Indonesia.
Pertumbuhan pengguna internet juga berimbas pada peningkatan bisnis e-commerce
dan bisnis online lainnya. Hal ini tentunya dapat menyerap lebih banyak tenaga
kerja yang dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar